Anak Jalanan dan Waria akan Dilatih di BLK – Serambi Indonesia


BANDA ACEH – Sebanyak sembilan orang anak jalanan dan empat orang waria yang diamankan Satpol PP beberapa waktu lalu, saat ini sedang dikoordinasikan untuk mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Banda Aceh. Tujuannya supaya mereka memiliki keahlian dan tidak lagi turun ke jalanan.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Sosial Banda Aceh, Dody Haikal, kepada Serambi Jumat (12/1). Menurutnya, sejak diamankan petugas pada Selasa (9/1), anak jalanan dan waria itu diinapkan di Rumah Singgah Gampong Lamjabat, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Sedangkan 20 pengemis yang diamankan pada waktu yang sama, sudah dikembalikan ke daerah masing-masing.

Saat ini, kata Dody, pihak sedang berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Banda Aceh supaya para anak jalanan dan waria itu dapat dibina dan diberi pelatihan di BLK Banda Aceh. Pihaknya juga sudah mendata soal kemampuan yang dimiliki anak jalanan dan waria ini, seperti usaha salon dan menyablon.

Mengenai waktu dan lama pelatihan, Dody akan memastikannya setelah berkoordinasi dengan pihak dinas terkait. Karena untuk melatihnya, akan ditangani Dinas Tenaga Kerja. Sebelumnya, pihak Dinsos juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Syariat Islam. Sehingga Kamis (11/1) kemarin, anak jalanan dan waria itu diberikan pemahaman agama sehari penuh. Tujuannya, dengan pemahaman dan tausyiah agama itu dapat mengubah prilaku mereka.(mun)


Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2018/01/13/anak-jalanan-dan-waria-akan-dilatih-di-blk

Baca Juga