Ada Stretch Mark usai Melahirkan. Dokter: Jangan Garuk bila Gatal

TEMPO.CO, Jakarta – Ibu yang baru saja melahirkan biasanya mengalami peregangan kulit atau stretch mark pada beberapa bagian tubuh karena perubahan berat badan secara drastis sehingga hal tersebut sangat normal.

Namun, setelah melahirkan banyak ibu yang terlalu sibuk untuk merawat tubuh. Karena itu, stretch mark pada tubuhnya akan bertahan lebih lama dan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk hilang.

Stretch mark merupakan perubahan biologis karena faktor hormon dan juga karena perubahan pada berat badan. Alasan lain adalah terjadinya inflamasi kulit dan biasanya terlihat pada area perut, paha, dan pinggang,” tutur Dr. Kevin A. Maharis, dokter kulit kecantikan, di Jakarta Selatan, Selasa, 13 Februari 2018.

Walaupun hal tersebut sangat normal, ada beberapa cara untuk mengurangi stretch mark atau bahkan untuk menghilangkannya. Salah satu cara untuk mengurangi atau menghilangkan peregangan kulit ini adalah menggunakan pelembab dan perlu dilakukan pada saat masih hamil, sebaiknya dilakukan pada saat trimester kedua, sebelum perut membesar.

Artikel terkait:
6 Mitos Seputar Melahirkan
Yang Ingin Bersalin Secara Normal, Ini Tipsnya
10 Alasan Ibu Harus Melahirkan lewat Operasi Caesar

Cara penggunaan pelembab juga harus perlahan agar minim gesekan pada kulit. Krim dengan kandungan vitamin A juga bagus untuk membantu mengurangi stretch mark. Namun, sebelum menggunakan produk apapun, disarankan kepada para ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter agar dokter bisa memastikan kalau produk aman untuk digunakan saat hamil. Pelembab yang digunakan sebaiknya memiliki kadar minyak yang cukup tinggi.

“Bisa juga mengurangi stretch mark dengan menggunakan handuk dan jangan menggesek terlalu keras. Kadang-kadang stretch mark juga membuat sedikit gatal, jangan tergoda untuk menggaruk,” jelas Dr Kevin.

Penggunaan pelembab lebih awal lebih baik dan jangka waktu yang diperlukan untuk menghilangkan stretch mark tergantung kepada kulit wanita tersebut.

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1060710/ada-stretch-mark-usai-melahirkan-dokter-jangan-garuk-bila-gatal