Ada Rp1,5 Triliun KUR BNI Disiapkan untuk Mitra Gojek

VIVA – Bank Negara Indonesia menggandeng PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek) melalui anak usahanya PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay) untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun ini.

Dari Rp13 triliun plafon KUR yang didapatkan BNI, Rp1,5 triliunnya siap digelontorkan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra Go-Pay khususnya di bidang kuliner.

Chief Executive Officer Go-Pay, Aldi Haryopratomo mengatakan, sebanyak 125 ribu UMKM mitra Go-Food, akan ditawari program KUR ini untuk mengembangkan usahanya. Tapi ditegaskan ada syarat yang harus dipenuhi UMKM. 

“Kita akan membuat klasifikasi siapa yang mampu mendapatkan dana pinjaman ini secara baik. Lalu kita tanya siapa yang mau. Dari BNI punya syarat siapa yang layak dapat KUR. Setelah itu baru dapat akses KUR,” kata Aldi di Jakarta, Selasa 13 Maret 2018. 

Go-pay dan BNI dukung pembiayaan untuk UMKM kuliner

Penandatanganan kerja sama BNI dan Go-Pay. 

Sementara itu, General Manager Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI, Bambang Setiatmojo mengatakan, syarat mendapatkan penyaluran KUR sangat mudah. Bahkan, dia menuturkan, dalam proses penyaluran KUR tidak ada jaminan apapun.

“Kami berpedoman kepada aturan pemerintah. Pertama, dia punya usaha produktif dan kedua visibel karena ada track record dan sejarah transaksi, kemudian kita tawarkan tanpa jaminan. Jadi bapak ibu kerja sama ini tidak ada jaminan. Lalu biaya administrasi maksimal sebesar Rp150 ribu,” ujarnya.

Untuk besarnya bunga, mengacu kepada aturan pemerintah. Di mana pemerintah saat ini menetapkan bunga KUR sebesar 7 persen. “Jadi bunga itu 7 persen. Kami ikuti pemerintah. Kalau pemerintah turunkan lagi pasti kami akan turunkan.” (mus)

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1016016-ada-rp1-5-triliun-kur-bni-disiapkan-untuk-mitra-gojek

Baca Juga