Ada Laba-laba Laut Menari di Kedalaman Teluk Meksiko

TEMPO.CO, Teluk Meksiko – Para ilmuwan yang menjelajahi lantai ngarai lebih dari 2.000 kaki di bawah permukaan laut telah menangkap momen menakjubkan saat seekor laba-laba laut terlihat menari melewati air.

Hewan yang disebut laba-laba laut itu sebenarnya bukan laba-laba, tapi arthropoda laut yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan rekan mereka di darat.

Rekaman tersebut mengungkapkan gaya berenang yang tidak biasa dari makhluk berkaki delapan tersebut, karena mengayunkan kakinya dalam tarian ‘hipnotis’ sebelum melayang tak terlihat.

Peneliti Okeanos Explorer dari NOAA melihat pemandangan yang menakjubkan itu dalam penyelaman ketiga misi Teluk Meksiko 2017 mereka.

Tim sedang menjelajahi wilayah yang dikenal sebagai Okeanos Ridge menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, Deep Discoverer (D2).

“Lihatlah si kecil itu!”‘ ucap salah satu periset dalam video saat laba-laba laut itu berkeliaran. Laba-laba laut, yang juga disebut pycnogonids itu, diduga berasal dari order pantopoda.

“Terjemahan pantopoda adalah “semua kaki”, jadi ini adalah nama yang sangat tepat,” catatan salah satu peneliti.

Tim Okeanos Explorer NOAA meluncurkan misi Teluk Meksiko itu pada 29 November. Misi itu diperkirakan akan berlanjut sampai 21 Desember, karena para ilmuwan menyelidiki keragaman dan distribusi habitat laut dan komunitas laut di cekungan itu.

DAILY MAIL | NOAA

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1040339/ada-laba-laba-laut-menari-di-kedalaman-teluk-meksiko

Baca Juga