5 Langkah Bersihkan Komedo dengan Pore Pack dan Baking Soda

TEMPO.CO, JakartaKomedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Bentuknya berupa benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. 

Komedo dapat tumbuh di bagian kulit manapun, namun biasanya yang paling sering tumbuh di bagian hidung. Hal ini tentu sangat menggangu penampilan bagi kebanyakan perempuan. Tak heran berbagai cara pun digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Baca juga: 5 Tips Mudah Membersihkan Komedo di Hidung

Salah satunya dengan menggunakan pore pack yang banyak dijual di pasaran. Sayangnya, kinerja pore pack sering kali kurang maksimal untuk membersihkan komedo. Supaya cara pore pack dapat bekerja maksimal dapat menggunakan baking soda. Kandungan exfolian yang ada pada baking soda berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga dapat memaksimalkan kerja pore pack. 

Jika penasaran ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bersihkan wajah
Sebelum menggunakan pore pack pastikan wajah anda bersih dari segala macam produk make up. Bersihkan wajah secara menyeluruh dengan sabun atau alat pembersih wajah lainnya yang biasa digunakan.

2. Siapkan air hangat dan handuk kecil
Air hangat digunakan untuk membuka pori-pori wajah, karena dengan terbukanya pori-pori wajah anda, maka proses pengangkatan komedo pun akan lebih mudah. Caranya basuh air hangat pada handuk kecil yang sudah disiapkan kemudian peras handuknya, lalu tekankan handuk ke bagian-bagian wajah yang ingin kalian angkat komedonya, lakukan dua kali, masing-masing sekitar 10-15 detik.

Baca juga: Mengenal Gritting, Teknik Baru Mengeluarkan Komedo

Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

3. Gunakan baking soda
Cara penggunaan baking soda sangat mudah, tuang bubuk baking soda secukupnya ke tangan Anda, lalu teteskan air hangat secukupnya sampai teksturnya menjadi seperti scrub. Oleskan sambil memijat pelan-pelan ke area yang terdapat komedo selama kurang lebih 15-20 detik. Namun, bagi yang berkulit sensitif atau terasa perih saat pengaplikasian baking soda, cukup gunakan selama 10 detik. Setelah itu bilas dengan air hangat.

4. Gunakan pore pack

Sebelum menggunakan pore pack basahi area yang ingin diaplikasikan. Misalnya bagian hidung, basahi dengan air hangat, lalu pasang pore pack dengan tangan yang kering. Setelah terpasang diamkan sampai mengeras selama 15-20 menit.

Baca juga: Singkirkan Komedo dengan Baking Soda

5. Lepas pore pack dan tutup kembali pori-pori wajah
Setelah itu lepas pore pack secara perlahan dengan cara ditarik dari bagian bawah terlebih dahulu. Tutup pori-pori anda dengan air dingin atau es batu. Jika dirasa memuaskan anda dapat mengaplikasinya dua minggu sekali atau seminggu sekali disesuaikan dengan karakter kulit anda.

BISNIS

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1068870/5-langkah-bersihkan-komedo-dengan-pore-pack-dan-baking-soda

Baca Juga