16 Ribu Siswa SMP di Pekanbaru Bersiap Ikuti UN

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Sebanyak 16 ribu siswa SMP negeri dan swasta dari 122 sekolah di Kota Pekanbaru bersiap-siap untuk mengikuti Ujian Nasional (UN). Sesuai jadwal UN tingkat SMP akan dilaksanakan tanggal 23 April 2018 mendatang.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru terus melakukan persiapan jelang pelaksanaan UN di Kota Pekanbaru. Diantaranya pendataan siswa SMP/MTS yang akan mengikuti UN, verifikasi Daftar Nominasi Tetap (DNT), verifikasi Daftar Nominasi Sementara (DNS).

“Sekolah yang akan melaksanakan UN sudah kita daftarkan. Baik yang UNBK maupun yang manual. Terakhir kita juga sudah sosialisasi beberapa kali pertemuan dengan kelompok sekolah SMP, dan kelompok kepala sekolah MTS sederajat untuk mensosialisaikan pelaksanaan UN,” cakap Kepala Dinas Pendidikan, Abdul Jamal, melalui Sekretaris Mujailis, Rabu (14/2/2018).

Dikatakan Mujailis, dari 122 sekolah SMP di Pekanbaru 81 diantaranya diusulkan akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dinas pendidikan sudah melakukan survei ke seluruh sekolah yang akan melaksanakan UNBK tersebut. Setelah dilakukan survei Dinas Pendidikan kemudian mengusulkan 81 sekolah tersebut ke kementrian untuk didaftarkan sebagai sekolah tempat pelaksanaan UNBK tahun 2018.

“Semuanya sudah kita daftarkan ke pusat. Jadi sekarang tinggal menunggu SK penetapannya saja dari pihak kementrian pendidikan,” ujarnya.

Sekedar informasi, untuk tahun 2018 ini sekolah yang akan menggelar UNBK mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2017 yang hanya berjumlah 25 sekolah saja. Namun, meskipun mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah ini masih berada di bawah dari permintaan Kementerian Pendidikan yang meminta setidaknya minimal 70 persen SMP/MTS sederajat di Kota Pekanbaru untuk melaksanakan UNBK.

“Memang masih di bawah 70 persen tapi kita sudah mendekatilah,” pungkasnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: [email protected]


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2018/02/14/16-ribu-siswa-smp-di-pekanbaru-bersiap-ikuti-un/

Baca Juga